Tajuk - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Rabu, 23 Januari 2013

Tajuk


Generasi Muda; Penjaga Warisan Budaya

Dalam buletin edisi khusus Lanjut XIII ini kami menerbitkan hasil berita dari anggota XIII. Tentunya isi berita yang dihadirkan tidak tentang FKIP karena daerah liputan khusus dilakukan di luar kampus. Yaitu di Desa Pengadangan, Kecamatan Pringgasela , Lombok Timur.
Berita yang menarik dan menjadi topik tajuk kali ini adalah tentang alat musik khas dari Desa Pengadangan dan Budaya Wetutelu.  Slober, alat musik gesek yang mirip seperti alat musik pada uang lima-ribuan lama ini sangatlah unik. Salah satu warisan yang mustinya dilestarikan oleh generasi muda Desa Pengadangan. Keunikan alat musik ini dapat ditarik dari cara memainkan dan kesakralan dalam memainkannya.
Sama nasibnya dengan adatgama di Desa tersebut, yakni Wetutelu. Kesalahanpahaman masyarakat tentang paham waktu telu yang ada di Desa Pengadangan harusnya diluruskan. Dalam menjalankan ibadah, mereka tetap wajib melaksanakan lima waktu. Dari penyebutan telah dapat kita lihat, wetutelu dan waktu telu. Yang dimaksud wetutelu adalah Iman, Islam, Ihksan yang menjadi pegangan dan tujuan masyarakat Desa Pengadangan dalam menjalani hidup.
Keunikan warisan budaya yang hampir luntur ini tentu tak lepas pula dari peranan generasi muda sebagai penerus haluan zaman. Tidak hanya di Desa Pengadangan saja, bahkan di kota besar pun, jika budaya positif tidak dilestarikan, kita tinggal menunggu waktu saja, untuk tidak lagi mengetahui betapa berlimpahnya warisan budaya yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar