Usai Melewati Serangkaian Tahapan Seleksi, Mahasiswa PPL dilepas - LPM Pena Kampus

Goresan Penamu Runtuhkan Tirani

Breaking

Kamis, 10 Agustus 2017

Usai Melewati Serangkaian Tahapan Seleksi, Mahasiswa PPL dilepas


Suasana pelepasan mahasiswa PPL FKIP Unram yang bertempat di depan gedung A FKIP.

Mataram, Pena Kampus (07/08)-  Usai melewati serangkaian tahapan seleksi, sekitar 676 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dilepas untuk melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di sejumlah Sekolah di Kota Mataram dan Kabupaten  Lombok Barat. Pelepasan kali ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa dari 15 Program Studi (Prodi) di FKIP, akan tetapi juga diikuti oleh 3 orang mahasiswa dari Thailand yang mengikuti pertukaran Mahasiswa PPL .
Sekitar 676 mahasiswa yang dilepas pada Senin (07/08) telah mengikuti serangkaian seleksi, mulai dari seleksi berkas, pembekalan, hingga tes PPL.  Berdasarkan laporan dari Dadi Setiadi, selaku  Ketua Unit Pelaksana Program Pengalaman Lapangan (UP-PPL), sejak dibukanya pendaftaran PPL online Juli lalu, sekitar 800 mahasiswa mendaftarkan diri untuk mengikuti PPL. Namun, dari 800 mahasiswa yang mendaftar via online, hanya 700 orang yang mengumpulkan berkas yang disyaratkan dan hanya 681 orang yang dinyatakan lulus pada tahap seleksi berkas. Mereka yang dinyatakan tidak lulus persyaratan administrasi dikarenakan belum memenuhi jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) dan matakuliah yang disyaratkan.
Usai dinyatakan lulus seleksi administrasi, 681 mahasiswa ini  berhak mengikuti pembekalan dan tes PPL.  Pembekalan pada tahun ini diselenggarakan selama tiga hari sejak tanggal 24 s/d 26 Juli 2017 . Pembekalan hari pertama diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Pendidikan MIPA, kemudian diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, dan Hari ke tiga diikuti oleh mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Jurusan Ilmu Pendidikan.
Usai mengikuti pembekalan, mahasiswa mengikuti Tes sebagai syarat agar bisa dinyatakan lulus dan bisa mengikuti PPL. Mardianti, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Seni dan Daerah (PBSID) mengaku cukup kesulitan menjawab item pada tes PPL yang diselenggarakan serentak pada tangga 27 Juli  2017, sehingga mengakibatkan dirinya tidak lulus pada tes tahap pertama. Ia juga mengungkapkan bahwa opsi jawaban pada tes waktu itu cukup membuatnya terkecoh “saya merasa soal tesnya susah-suah gampang. kalau ditanya kesulitan, kadang saya terkecoh sama pilihan jawabanya. Banyak yang mirip narasinya. paling diubah sekata atau dua kata. rata-rata bunyi soalnya mengenai pembelajaran, jadi saya kurang faham” Ujar perempuan berzodiak Taurus ini.    

Program Pertukaran Mahasiswa PPL se-ASEAN


Program pertukaran mahasiswa PPL se-ASEAN merupakan kegiatan kerjasama antar Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara yang baru kali ini diikuti oleh FKIP Unram.  Kegiatan yang bertajuk  Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) berada di bawah naungan South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO) ini telah memasuki batch ke Empat pada periode Agustus s/d September 2017. Seperti yang diungkapkan oleh Lalu Rudiat Telly Savalas selaku sekertaris bidang kerjasama untuk PPL Luar Negeri bahwa FKIP Unram baru bergabung pada batch ke empat “salah satu program yang baru di bawah SEAMEO ini adalah SEA-Teacher yang memfasilitasi pertukaran mahasiswa dalam rangka PPL sesama Negara ASEAN, pelaksanaan kali ini merupakan batch ke empat”.
FKIP sendiri telah mengirim tiga orang mahasiswa yang sudah melewati serangkaian seleksi yang dilaksanakan sejak April 2017 lalu ke Thailand. Ketiga mahasiswa yang diberangkatkan pada Minggu (06/08), dua oranag diantaranya berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Wiwin Adekayanti dan Suciaty Ramdhani dan satu orang berasala dari Prodi pendidikan Biologi yaitu Marosa Robiatul. Sebagai timbal-balik, Thailand juga mengirim tiga orang mahasiswa yang kemudian ditempatkan di tiga sekolah di Kota Mataram, diantaranya  di SMPN 2 Mataram, SMAN 1 dan SMAN 5 Mataram. (Hkm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar